Pages

Minggu, 20 Mei 2012

Rokok: Terenggutnya Kebersamaan Ayah dan Anak

Hari minggu tgl 20 Mei 2012 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, TEDx ITT Organizer mengadakan event keduanya yang bertajuk "ImagiNation". Jujur sih, ini adalah pertama kalinya gue hadir di acaranya TEDx dan gue excited banget sama acaranya. Di acara ini gue bisa bertemu dengan orang-orang luar biasa yang memiliki ide-ide gila. Kenapa gue bilang idenya gila? Mereka mampu mengangkat sebuah tema yang jarang atau bahkan tidak pernah diperhatikan oleh masyarakat. Dan yang paling menarik buat gue adalah seorang Jurnalis yang luar biasa. Beliau mengupas tuntas mengenai industri rokok yang notabene tidak ada satupun orang yang berani mengusik industri tersebut. Bahkan beliau telah kehilangan 3 komputer dalam waktu 6 bulan dalam pembuatan bukunya yang berjudul "Giant Pack of Lies" yang mengupas kebohongan dalam industri rokok. Yup,mungkin udah pada tahu ya...Beliau adalah Mardiyah Chamim.

Dari beliau gue tahu bahwa Indonesia saat ini dijuluki sebagai "The New Marlboro Country". Itu bukanlah julukan yang membanggakan lhoooo...Sepertinya Indonesia itu jadi gudang buat industri rokok. Miris. Ketika rokok itu menguasai negara kita. Sebagian besar kegiatan di Indonesia ini disponsori oleh perusahaan yang berkecimpung dalam industri rokok. Bahkan yang memberikan beasiswa pendidikan di Indonesia ini adalah industri rokok. Dari hal itu, seolah-olah, mereka ingin mengatakan bahwa "Rokok baik untuk pelajar". Gue ngerasa bener-bener ada yang salah disini. Tapi apa yang salah? Gue juga gak tau. Karena hal itu juga gue semakin tertarik untuk membahas tentang rokok. Yang belum kenal, ini dia orangnya gan...


Karena beliau, gue jadi kepikiran untuk menulis sepenggal kisah gue tentang rokok. Okeyyy...gw gak bermaksud memusuhi perokok,hehe... Karena gue sadar temen-temen gue sendiri banyak yang merokok. Gue rasa udah banyak ya artikel atau tulisan yang membahas tentang bahaya merokok. Tapi, gue bakalan menceritakan 'the real' dari bahaya merokok. Dan itu dilihat dari sudut pandang gue guys. Kenapa? Karena gue ini termasuk salah satu korban pecandu rokok. Penasaran? Lets see here...

Gue udah pernah nge-post sebelumnya bahwa gue adalah anak tunggal dan gue udah kehilangan bokap gue ketika gue umur 10 tahun. Bokap gue meninggal karena penyakit paru-paru basah. Gue gak terlalu ngerti ya tentang penyakit itu karena gue bukan dokter. Tapi, yang gue tahu, penyakit itu diderita oleh (alm) bokap gue udah lama karena bokap gue adalah pecandu rokok sejak SMA. Dan asal lo tau aja, bokap gue meninggal di umurnya yang masih muda. Gue gak inget pasti umur berapa, antara 34-35 tahun. Seharusnya di umur yang masih kepala 3 itu seseorang justru dalam keadaan masih sangat produktif. Tapi, kenyataannya? Bokap gue meninggal di umur yang baru kepala 3. Lo pasti tau apa rasanya kehilangan orang yang kita cintai. Apalagi, ketika itu umur gue masih sangat muda untuk mengerti arti sebuah kehilangan.

O ya, satu lagi cerita yang pengen gue bagi sama lo semua. Dulu ketika gue lahir, gue terlahir dengan kulit yang sangat tipis, gw gak tau persis kondisinya seperti apa. Tapi, gue pernah diceritain sama Budhe gue, klo dulu waktu kecil kullit gue setipis kertas, sampe-sampe urat nadi dan usus gue keliatan. Nyokap gue aja gak berani megang gue. Karena beliau takut, gue kenapa-napa. Dan yang merawat gue ketika itu adalah Budhe gue yang cerita tentang kondisi gue itu. Alhamdulilah, setelah dilakukan pengobatan rutin, kulit gue bisa normal seperti sekarang. Tapi, dampaknya, kulit gue jadi sangat sensitif, klo gue ngerasain gatel di kulit gue trus gue garuk akan menimbulkan luka dan itu berbekas! Gue malu punya kulit kayak gitu. Sampai sekarang pun, masih ada bekas luka itu. Walaupun tinggal beberapa bekas luka, itu cukup membuat gue merenung kenapa gue seperti ini. Gue menyimpulkan bahwa kondisi gue itu bisa jadi disebabkan karena bokap gue yang seorang pecandu rokok. Lo bayangin klo hal itu terjadi sama anak lo. Apa yang lo rasain? Gue sayang sama banget sama bokap gue. Dan gue gak pernah nyalahin bokap gue. Itu gue jadiin pelajaran supaya gue hati-hati milih pasangan hidup. Gue gak bakal mau nikah sama pecandu rokok. TITIK!!!! dan itu jadi HARGA MATI!!!! Gue gak mau anak gue nantinya mengalami hal yang sama seperti gue.

So guys...klo emang lo gak mau anak lo nanti mengalami hal yang sama seperti gue, mulai sekarang cobalah untuk berhenti merokok. Dengan begitu, lo udah berkontribusi untuk menciptakan Indonesia sehat. Gue mengutip sebuah kata mutiara "Lebih baik membeli susu untuk sekeluarga dan sekeluarga sama-sama sehat daripada beli rokok sebungkus, yang mengkonsumsi cuma 1 orang dan yang sakit sekeluarga". Sekecil apapun kontribusi kita untuk negeri ini, kita akan menyelamatkan anak cucu kita kelak.

Senin, 14 Mei 2012

Kecelakaan kecil di masa kanak-kanak

Hai hai semuaaaaaaaaa.... Di tulisan gue kali ini gue pengen menceritakan tentang diri gue. Ternyata setelah gue udah baca-baca blog gue sendiri, gue belon pernah menceritakan siapa diri gue sebenernya. Sebenernya... gue ini adalah Power Ranger yang sedang menyamar... MUAHAHAHAHA. Sory...becanda coy. Langsung aja ya.

Gue sebenernya curiga ni sama codingan otak gue ada yang salah. Soalnya ya, gue selalu ngerasa aneh sama diri gue sendiri. Tapi yang pasti gue ini suka berubah-ubah jadi sailormoon ==". Tuh kan? udah mulai gila ni gue rasanya. hmm...tapi, klo diinget-inget ya, dulu waktu gue kecil gue tuh pernah mengalami suatu kecelakaan. Gak fatal, cuma bagian belakang kepala gue kena batu gede. Yah..kira2 batunya segede kepalan tangan manusia dewasa. Kaget? Kok bisa sih kena batu?


Kira-kira kayak gini ni batunya:


Batu yang mendarat dengan sukses di kepala gue =="
Jadi gini, dulu waktu umur gue kira2 8-9 tahunan, gue jalan-jalan sama keluarga besar gue ke Kebun Raya Purwodadi Pasuruan. Orang Pasuruan pasti tau deh. Nah, disitu tuh ada sungai gede. Karena gue dan sepupu-sepupu gue rata-rata seumuran dan emang masih kecil, gue sama sepupu-sepupu gue itu maen lempar-lemparan batu ke sungai. Naasnya, gue berdiri paling deket ke tepi sungai. Tiba-tiba, gue ngerasain benda keras yang mengenai kepala belakang gue. Gue kaget. Kayak orang bego, Gue cuma bisa nengok kebelakang dengan ekspresi bertanya-tanya, siapa yang ngelempar gue pake batu ini? Eh, tiba-tida salah satu sepupu gue nangis. Nah lho... gue kan makin bingung yak?

Ternyata, sepupu gue yang nangis itu yang ngelempar, eh, tepatnya gak sengaja ngelempar gue pake batu. Dia itu bermaksud ngelempar batu itu ke sungai. Berhubung gue yang berdiri paling deket tepi sungai, makanya gue yang kena. Tapi anehnya, kenapa jadi sepupu gue itu yang nangis? gue? sehat Wal'afiat mennnn... Jangankan pingsan, nangis aja kagak. Waktu itu gue bingung, gue harus ngapain. Sepupu gue itu udah nangis, masa' gue nangis juga?! Gue jadi serba salah dah... Gue curiga disitu, kenapa respons otak gue cuma segitu aja ya? Gue seolah-olah gak ngerasain rasa sakit. Jangan-jangan semenjak itu semua saraf di otak gue langsung berubah drastis. Gue jadi pengen ngecek otak gue deh. Entahlah, hanya Tuhan yang tahu keadaan gue sebenernya :D


ini TKPnya gan:


Sungai di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan

Rabu, 09 Mei 2012

Anak Tunggal

setelah sekian lama gue gak ngeblog dan blog gue sukses dijadiin sarang laba2, gue balik lagi ke dunia ini. Hahaha. Lebeeeee banget dah gue. biarlah...yang penting eksis! hoh. okey.untuk merayakan kembalinya gue ke dunia blogger ini, hmm...gue bakal minum2 es teh dan bayarnya ngutang! MUAHAHAHAHA. Btw,gue akhir2 ini sibuk banget sama diri gue sendiri yang gak punya kegiatan. Yap...gue saat ini jadi pengangguran yang sukses. sukses membusuk di kosan -_______-". Karena gue sering di kosan, gue jadi banyak merenung. Merenungi nasib gue yang jomblo ngenes. haha. Gaklah...becanda. Oke, banyak hal yang udah gue renungin saat ini. salah satunya adalah gue yang anak tunggal.




Kenapa gue bisa jadi anak tunggal? Takdirlah. MUAHAHAHA. Banyak orang bilang, enak ya, jadi anak tunggal itu, dia cuma sendiri, gak punya saudara, pasti dimanjain deh. Men, gue ini anak tunggal dan lo gak pernah tau kan gimana rasanya jadi anak tunggal itu? Gue kasi' tau aja ya. Justru, anak tunggal itu tanggung jawabnya lebih besar daripada lo yang terlahir punya saudara. Kenapa gue bisa bilang kayak gitu? Karena, nantinya gue adalah satu-satunya orang yang bakal jadi tumpuan hidup orang tua gue. Apalagi, untuk kasus gue, bokap gue udah meninggal dan nyokap hidup sendirian. Coba lo bayangin klo lo di posisi gue? gue harus ninggalin nyokap gue sendirian dirumah dan gak ada yang nemenin, karena cuma gue anak satu-satunya nyokap gue.




Untuk soal manja. Alhamdulilah, nyokap gue gak pernah ngemanjain gue. Dari kecil gue udah dibiasain mandiri. Gak pernah deh sejarahnya gue dimanjain sama nyokap gue. Mungkin karena waktu itu gue masih kecil. Gue mikirnya, nyokap gue jahat banget deh, kok anaknya gak pernah diperhatiin dan dimanjain sih? Gue masih inget banget, waktu kecil, gue pernah minta dibeliin mainan sama nyokap gue. Nyokap gue gak nurutin permintaan gue. Karena nyokap gue nganggep itu bukanlah hal yang penting untuk dibeli. Bahkan, sampe gue nangis guling-guling dilantai, nyokap gue gak bergeming sedikit pun. Yup...nyokap gue orangnya tegas banget, sekali enggak ya tetep enggak. Padahal budhe gue kasihan ngeliat gue nangis terisak-isak sambil guling-guling dilantai. budhe gue juga nyoba ngebujuk nyokap gue buat beliin gue mainan itu. Berhasil? ENGGAK! nyokap gue malah makin keukeuh sama keputusannya untuk gak beliin gue mainan. Ini emang hal sepele, tapi karena ketegasan nyokap gue itulah gue bisa jadi anak tunggal yang gak manja dan cengeng.




Sekarang, gue tahu alasannya kenapa nyokap bisa kayak gitu sama gue. Pertama, karena emang dari kecil nyokap gue juga gak pernah dimanjain sama nenek-kakek gue. Kedua, beliau gak pengen gue cuma bisa jadi anak yang cengeng, manja dan nggak bisa apa-apa. Gue bersyukur banget nyokap gue mendidik gue dengan cara itu. Dari situlah, gue belajar mandiri dan gak selalu bergantung pada orang lain.

Dan sebenernya gue itu sering kesepian lho... Gue tuh sebenernya pengen sekali-kali ngerasain berantem sama adek ato kakak sendiri. Kayaknya seru tuh, kan jadinya rame. Apalagi dulu tuh gue masih korban sinetron banget. Kan klo di sinetron-sinetron tuh ya, sering banget ceritanya peran utama ceweknya punya kakak cowok. sumpah! itu bikin gue iri. gue pengen punya kakak cowok!!! HUAAAAAAAAA.

Sampai sekarang pun, gue masih pengen punya kakak cowok. Kenapa? Gue udah ditinggalin sama bokap gue sejak gue masih umur 10tahun. Semenjak itu gue haus akan kasih sayang seorang ayah. Itulah kenapa, gue pengen punya kakak cowok. Setidaknya dia bakalan jadi pengganti bokap buat gue. 

That's it. itulah suka duka anak tunggal kayak gue. Tapi yang pasti, gue cuma mau nyampein bersyukurlah sama hidup lo sekarang apapun keadaannya. Selalu ada kebahagiaan dibalik kesedihan yang lo alamin saat ini. ^_^

Senin, 05 Maret 2012

Demam K-Pop


entah kenapa ya,akhir2 ini d Indonesia tuh lg demam K-Pop bgt. gw jadi agak risih ngeliatnya, bukan karena gw benci K-Pop. gw malah emang penggemar K-Pop. tapi, yg gw liat dari orang2 ini tuh cuma ikut2an aja deh yaaaa. diman-mana klo gw jalan, pasti ada aja yg lag nge-play lagu K-Pop. hahahaha...sumpah ya...gw ngeliatnya koq malah jadi alay. apa2 K-Pop. apa2 Korea. ini sebenernya Indonesia apa korea sih?! gw jadi heran, musik negeri sendiri g laku, malah musik dari negeri orang digemari. heran! suka K-Pop emang g salah, tapi klo keterlaluan juga ga bagus haloooooooo...awalnya anak2 muda di Indonesia suka K-Pop gw rasa sih, gara2 ada sm*sh deh...waktu sm*sh itu lg booming banget, mulai bermunculan lah boyband n girlband di Indonesia, sampe dibikin kompetisi tuh ma salah satu stasiun TV. akhirnya dari situlah demam K-Pop dimulai. awalnya sih, gw g peduli, tp koq ya lama-keamaan acara-acara musik itu dikuasai ma yang namanya boyband ma girlband. ada yang emang bagus dan berkualitas, ada yang cuma modal tampang doang, tapi kayaknya lebih banyak yang modal tampang doang lah yaaaaaa...suaranya standart banget dan sebenernya malah cenderung g bisa nyanyi, tapi karena tampang mendukung, ya jadilah itu. klo yang emang bagus sih oke, enak diliat dan terhibur ngeliatnya, nah klo cuma modal tampang doang?! apa yang mau diliat? tampangnya itu? yaelah,enatr klo dy udah tua juga g bakal bisa diliat tuh tampangnya yang sekarang, karena mereka masih muda aja tuh, makanya pada banya yang suka. nah klo udah kakek atau nenek2? emang ada apa boyband kakek2 atau girlband nenek2? siapa yang mau liat?

Minggu, 04 Maret 2012

Lonely - 2NE1




[CL]Jigeum naega haneun yaegi
Neol apeuge halji molla
Ama nal jukdorok miwohage doel kkeoya
[Minzy]Naega yejeon gatji antadeon ne mal
Modu teullin mareun aniya
Nado byeonhaebeorin naega nat seolgimanhae


[Dara]Neomu chakhan neonde neon geudaeroinde Oh
[CL]I don’t know I don’t know
Naega wae ireoneunji


[Dara]Geutorok saranghaenneunde neon yeogi inneunde Oh
[Minzy]I don’t know
[Dara]Ije nal chatgo sipeo


[Bom]Baby I’m sorry neowa isseodo nan lonely
Saranghagin naega bujokhanga bwa
Ireon motnan nal yongseohae
[Minzy]I’m sorry ige neowa naui story
Sarangiran naegen gwabunhanga bwaNe gyeote isseodo
Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
[Bom]Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely


[CL]Nega jalmotan ge anya
Naega isanghan geoya
Imi orae jeonbuteo nan junbi haenna bwa ibyeoreul
[Bom]Jeongmal jalhaejugo sipeonneunde
Hapil sarang apeseoneun wae
Ireoke haneobsi jagajigo oerounji


[Dara]Neomu chakhan neonde neon geudaeroinde Oh
[CL]I don’t know I don’t know
Naega wae ireoneunji
[Dara]Geutorok saranghaenneunde neon yeogi inneunde Oh
[Bom]I don’t know
[Dara]Ije nal chatgo sipeo


[CL]Baby I’m sorry neowa isseodo nan lonely
Saranghagin naega bujokhanga bwa
Ireon motnan nal yongseohae
[Minzy]I’m sorry ige neowa naui story
Sarangiran naegen gwabunhanga bwaNe gyeote isseodo
Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
[CL]Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely


[Minzy]Cuz I’m just another girlI bami werowo nan
[Bom]Deoneun gyeondil su eobseo good bye
[Dara]Cuz I’m just another girl
[CL]Neomuna werowo
[Bom]Jigeum ne gyeote isseodo baby I’m so lonely


[Minzy]Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
[CL]Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely
Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely.



Terjemahan:


Kesepian - 2NE1

Kata-kata yang aku ucapkan sekarang, aku tidak tahu apakah itu akan menyakitimu
Mungkin kata-kata itu akan membuatmu membenciku selamanya
Kamu, berkata bahwa aku tidak sama seperti aku biasanya, adalah benar
Ini mengubahku menjadi asing untuk diriku sendiri
Kamu sangat baik tapi
Itu adalah kamu tetapi oh
Aku tidak tahu Aku tidak tahu
Kenapa aku seperti ini
Kita pernah saling cinta, dan kamu disini sekarang tetapi oh
Aku tidak tahu
Aku ingin menemukan diriku sekarang
Sayang aku minta maaf, bahkan ketika aku bersamamu, aku kesepian
Pasti aku kurang mencintai, tolong maafkan orang yang mengerikan ini
Aku minta maaf, ini ceritamu dan aku
Aku pasti tidak pantas dengan sesuatu yang dinamakan cinta, walaupun aku disisimu
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Kamu tidak melakukan kesalahan, akulah yang aneh
Sepertinya aku telah bersiap sejak dulu, untuk perpisahan kita
Aku benar -benar ingin memperlakukanmu dengan baik, dari semua waktu,
mengapa ketika aku berhadapan dengan cinta
Aku menjauh dan kesepian tiada henti
Kamu sangat baik tapi
Itu adalah kamu tetapi oh
Aku tudak tahu Aku tidak tahu
Kenapa aku seperti ini
Kita pernah saling cinta, dan kamu disini sekarang tetapi oh
Aku tidak tahu
Aku ingin menemukan diriku sekarang
Sayang aku minta maaf, bahkan ketika aku bersamamu, aku kesepian
Pasti aku kurang mencintai, tolong maafkan orang yang mengerikan ini
Aku minta maaf, ini ceritamu dan aku
Aku pasti tidak pantas dengan sesuatu yang dinamakan cinta, walaupun aku disisimu
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Karena aku hanya gadis biasa
Malam ini kesepian, aku
tidak sanggup lagi, selamat tinggal
Karena aku hanya gadis biasa
Aku sangat kesepian
walapun aku ada disisimu sekarang
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian
Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian kesepian kesepian

Sayang aku sangat kesepian kesepian kesepian

 

(c)2009 leea leeo. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger